PROFIL RA MUTIARA HIKMAH
PROFIL RA MUTIARA HIKMAH
Raudlathul Athfal Mutiara Hikmah berdiri sejak tahun 2007, merupakan salah satu satuan pendidikan Raudlathul Athfal yang berada di Kecamatan Paseh dan kurang lebih 15 km dari pusat Kabupaten Sumedang. Meskipun demikian RA Mutiara Hikmah memberikan pelayanan pada Anak Usia Dini secara utuh/ menyeluruh yang mencakup layanan pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak. Selain itu RA Mutiara Hikmah memiliki tujuan untuk ikut serta dalam membangun generasi unggul yang sehat, cerdas, kreatif dan berakhlaqul karimah.
Kondisi
masyarakat lingkungan Raudlatul Athfal sebagai masyarakat yang relatif memiliki
wawasan yang kurang memadai. Mayoritas
penduduk berprofesi sebagai buruh,
petani, pedagang sebagian kecil sebagai
PNS dan Pegawai swasta. Dengan demikian, kondisi sosial Orang Tua peserta didik rata-rata menengah ke bawah, namun tingkat
kepedulian terhadap pendidikan anak cukup tinggi. Kondisi Ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi
perkembangan pendidikan di Raudhatul Athfal Mutiara Hikmah.
Penduduk sekitar lingkungan sekolah semua beragama Islam yang hidup berdampingan satu sama lain sehingga terbina kerukunan dan kesejahteraan masyarakat. Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari siswa. Lingkungan Sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkanan siswa sebagai sumber belajar. Pendampingan aktif dari guru-guru dilakukan saat siswa berinteraksi, untuk memastikan proses sosialisasi siswa berjalan sesuai yang diharapkan.
RA Mutiara Hikmah meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini akan berkembang maksimal apabila siswa berada dalam lingkungan belajar yang literat (literate environment). Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan siswa di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam permainan tradisional, sarpras APE dan tanaman mulai dari tanaman buah, hias, dan apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar peserta didik.
RA Mutiara Hikmah memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Lokasi sekolah berada di kawasan mudah dijangkau angkutan umum dan keadaan lingkungan yang tenang dan nyaman. Dibalik itu semua ancaman yang bersumber dari pergeseran nilai budaya yakni adanya kecenderungan sikap hidup metropolis yang mulai melanda kehidupan peserta didik, menirukan perilaku masyarakat yang tidak jelas latar belakangnya. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional harus dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri. Menyikapi kondisi ini, RA Mutiara Hikmah melakukan upaya nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/ wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Dengan hadirnya RA Mutiara Hikmah diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap lingkungan sekitar.
Komentar
Posting Komentar