VISI MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN
RA MUTIARA HIKMAH
A. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan. Tujuan pendidikan dasar
adalah meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut.
Lebih lanjut dijabarkan dalam Profil
Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin adalah profil lulusan
yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan
menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta
didik dari pemangku kepentingan. Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil
Alamin terdiri dari 6 dimensi
dengan penjabaran elemen
masing-masing dimensinya. Adapun
dimensi yang dimaksud
adalah: 1) beriman
bertakwa kepada Tuhan
YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong
royong, 4) kretaif,
5) bernalar
kritis, dan 6) mandiri
(Nurhikmah, 2024).
B.
Visi Satuan
Pendidikan
Program dan kegiatan sekolah
harus merujuk pada Visi yang telah
ditetapkan berdasarkan analisis konteks RA Mutiara Hikmah. Tahun pelajaran 2023/2024. Visi bukan hanya sekadar tulisan
tanpa dipahami maknanya. Untuk menginternalisas visi pada setiap warga
sekolah, maka visi perlu disosialisasikan secara
berkala. Tanpa pemahaman terhadap visi, maka kegiatan yang dijalankan menjadi
tidak terarah. Visi RA Mutiara Hikmah adalah :
TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERTAQWA, BERAKHLAKUL KARIMAH, MANDIRI,
CERDAS, DAN KREATIF.
C. Misi Satuan Pendidikan
Misi
RA Mutiara Hikmah ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar
Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Elemen visi tersebut yaitu Beriman, Berakhlak Mulia, Cerdas,
dan kreatif.
Enam misi RA Mutiara Hikmah telah ditetapkan
sebagai berikut:
1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan
ajaran dan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Representasi dari visi bertaqwa elemen P5 beriman dan
bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menanamkan nilai religius untuk membentuk budi pekerti
dan Akhlak yang mulia. Representasi dari visi bertaqwa elemen P5 beriman dan
bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3. Meningkatkan mutu pendidikan dalam
upaya mencerdaskan kehidupan generasi bermoral, maju dan mandiri. Representasi dari visi Mandiri elemen P5 menunjukan
inisiatif dan bekerja mandiri.
4. Membina
kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan. Representasi dari visi Mandiri elemen P5 menunjukan
inisiatif dan bekerja mandiri.
5. Menumbuhkan sikap rasa ingin tahu yang tinggi terhadap
ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta
didik. Representasi dari visi Bernalar kritis elemen P5 memperoleh dan
memprpses informasi dan gagasan.
6. Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif kreatif
inovatif dan menyenangkan. Representasi dari visi kreatif elemen P5 menghasilkan
gagasan yang orisinil.
D.
Tujuan Satuan
Pendidikan
Tujuan akhir
yang diharapkan oleh RA Mutiara Hikmah dalam pelaksanaan program-program sekolah
untuk mewujudkan misi sekolah
ditetapkan dalam bentuk 3 (tiga) bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan
jangka menengah dan program
prioritas (tujuan jangka
pendek).
1.
Tujuan Jangka Panjang
a) Menghasilkan lulusan
pembelajar sepanjang hayat yang beriman,
bertakwa, berakhlak mulia,
mandiri, bernalar kritis,
peduli, berdaya juang
tinggi, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa mengembangkan minat serta bakatnya
sesuai dengan profil
peserta didik pancasila.
b) Menghasilkan
lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya
untuk menghasilkan prestasi.
2.
Tujuan Jangka Menengah
a) Membentuk
karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan
Lil Alamin
b) Memfasilitasi
peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional,
spiritual dan kinestetik secara
optimal sesuai dengan
tingkat perkembangannya.
c) Memfasilitasi
peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat.
d) Membekali
peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
3.
Program Prioritas (Tujuan
Jangka Pendek)
a) Mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui
kegiatan keagamaan
pada 100% peserta didik yang diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan harian atau dalam
bentuk kegiatan projek.
b) Mendorong 100% peserta didik ikut serta dalam kegiatan-kegiatan ibadah.
c) Mengikutsertakan
100% peserta didik pada minimal satu ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
d) Melaksanakan
pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin
secara terintegrasi pada 100%
peserta didik yang diselenggarakan.
e)
Memfasilitasi Proses belajar mengajar
yang berpusat pada peserta didik.
f) Mendorong 100% peserta didik ikut serta menerapkan perilaku
hidup bersih dan sehat.
g) Memfasilitasi
100% peserta didik menghasilkan minimal 1 produk kreatif pertahun dari project based learning.
h) Mendorong 100% peserta didik memiliki kepedulian sosial dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial
4.
Strategi Mencapai Tujuan
:
Untuk dapat
mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan RA Mutiara Hikmah menyusun beberapa
rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut
adalah :
a)
Menyusun
tim penjamin mutu dan tim pengembang kurikulum.
b)
Melakukan
analisis konteks terhadap
kondisi dan lingkungan sekolah.
c) Menyusun
rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite
sekolah.
d) Melakukan
analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan
pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum
operasional sekolah yang sudah disusun.
e) Menyusun
RKARA
(Rencana Kegiatan dan Anggaran Raudhatul
athfal) berdasar analisis kebutuhan program.
f) Menyusun rencana
serta instrumen Evaluasi,
Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai
sisi (guru, tenaga
kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).
g) Melaksanakan
kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
h) Melaksanakan program
perbaikan berdasar prioritas
1 bulanan, 1 semester
dan 1 tahun.
i) Menyusun rencana
kurikulum operasional sekolah
berdasar hasil evaluasi
dengan melibatkan unsur Kantor Kementrian Agama setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.
j) Menyusun
RKARA
(Rencana Kegiatan dan Anggaran Raudhatul
Athfal) berdasar analisis kebutuhan program.
k) Menyusun rencana
serta instrumen Evaluasi,
Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai
sisi (guru, tenaga
kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).
l) Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
m) Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
n) Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.
Komentar
Posting Komentar