VISI MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN 

                                                                RA MUTIARA HIKMAH

 A.     Tujuan Pendidikan Nasional

     Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Lebih lanjut dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dari pemangku kepentingan. Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin terdiri dari 6 dimensi dengan penjabaran elemen masing-masing dimensinya. Adapun dimensi yang dimaksud adalah: 1) beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) kretaif, 5) bernalar

kritis, dan 6) mandiri (Nurhikmah, 2024).

 

B.      Visi Satuan Pendidikan

 

Program dan kegiatan sekolah harus merujuk pada Visi yang telah ditetapkan berdasarkan analisis konteks RA Mutiara Hikmah. Tahun pelajaran 2023/2024. Visi bukan hanya sekadar tulisan tanpa dipahami maknanya. Untuk menginternalisas visi pada setiap warga sekolah, maka visi perlu disosialisasikan secara berkala. Tanpa pemahaman terhadap visi, maka kegiatan yang dijalankan menjadi tidak terarah. Visi  RA Mutiara Hikmah  adalah :

TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERTAQWA, BERAKHLAKUL KARIMAH, MANDIRI, CERDAS, DAN KREATIF.

 

C.     Misi Satuan Pendidikan

 

Misi  RA Mutiara Hikmah  ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Elemen visi tersebut yaitu Beriman, Berakhlak Mulia, Cerdas, dan kreatif. Enam misi  RA Mutiara Hikmah  telah ditetapkan sebagai berikut:

1.   Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran dan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Representasi dari visi bertaqwa elemen P5 beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2.   Menanamkan nilai religius untuk membentuk budi pekerti dan Akhlak yang mulia. Representasi dari visi bertaqwa elemen P5 beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

3.   Meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan generasi bermoral, maju dan mandiri. Representasi dari visi Mandiri elemen P5 menunjukan inisiatif dan bekerja mandiri.

4.   Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan. Representasi dari visi Mandiri elemen P5 menunjukan inisiatif dan bekerja mandiri.

5.   Menumbuhkan sikap rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik. Representasi dari visi Bernalar kritis elemen P5 memperoleh dan memprpses informasi dan gagasan.

6.   Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif kreatif inovatif dan menyenangkan. Representasi dari visi kreatif elemen P5 menghasilkan gagasan yang orisinil.

D.     Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan akhir yang diharapkan oleh  RA Mutiara Hikmah  dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 (tiga) bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan program prioritas (tujuan jangka pendek).

 

1.       Tujuan Jangka Panjang

a)   Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, peduli, berdaya juang tinggi, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa mengembangkan minat serta bakatnya sesuai dengan profil peserta didik pancasila.

b)  Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

 

2.       Tujuan Jangka Menengah

a)   Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin

b)  Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

c)   Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat.

d)  Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.

 

3.       Program Prioritas (Tujuan Jangka Pendek)

a)   Mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui kegiatan  keagamaan pada 100% peserta didik yang diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan harian atau dalam bentuk kegiatan projek.

b)  Mendorong 100% peserta didik ikut serta dalam kegiatan-kegiatan ibadah.

c)   Mengikutsertakan 100% peserta didik pada minimal satu ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.

d)  Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin secara terintegrasi pada 100% peserta didik yang diselenggarakan.

e)   Memfasilitasi Proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik.

f)   Mendorong 100% peserta didik ikut serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

g)  Memfasilitasi 100% peserta didik menghasilkan minimal 1 produk kreatif pertahun dari project based learning.

h)  Mendorong 100% peserta didik memiliki kepedulian sosial dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial

 

4.       Strategi Mencapai Tujuan :

Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan  RA Mutiara Hikmah  menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :

a)   Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang kurikulum.

b)  Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.

c)   Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.

d)  Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun.

e)   Menyusun RKARA (Rencana Kegiatan dan Anggaran Raudhatul athfal) berdasar analisis kebutuhan program.

f)   Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).

g)  Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.

h)  Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.

i)    Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur Kantor Kementrian Agama setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.

j)    Menyusun RKARA (Rencana Kegiatan dan Anggaran Raudhatul Athfal) berdasar analisis kebutuhan program.

k)  Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).

l)    Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun. 

m)  Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun. 

n) Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.

Komentar